Selasa, 07 Desember 2010

Kata Pengantar

Pertama-tama, kami panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas kehendak-Nya jua, kami masih diberi kesempatan untuk mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan anak negeri, khususnya SDN. Karyamukti 2.
Rasa terima kasih yang mendalam tak lupa kami sampaikan kepada Bapak/Ibu Guru, Dewan Komite, Para Pengawas TK/SD, Kepala UPTD. Pendidikan Kecamatan Cibalong, serta Stakeholder/Lembaga-lembaga terkait di lingkungan sekitar, berkat bantuan dan kerjasama yang baik, telah membantu dan telah memberi masukan-masukan kepercayaan kepada kami sebagai penulis, selanjutnya kami meresume masukan-masukan itu. Sebagai ungkapan terima kasih tersebut, kami mencoba memberikan nilai lebih terhadap semua pihak. Salah satunya Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SDN. Karyamukti 2 Tahun Pelajaran 2009/2010.
Model KTSP ini dikembangkan berdasarkan rambu-rambu dan pedoman yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Model KTSP ini merupakan bagian alternative bagi Bapak/Ibu Guru sekalian. Harapan kami, Model KTSP yang kami susun ini dapat menjadi pedoman bagi Bapak/Ibu Guru, dalam menyusun KTSP ini telah disesuaikan dengan kondisi dan potensi daerah SDN. Karyamukti 2.
Akhirnya kami mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan Model KTSP SDN. Karyamukti 2 ini. Mudah-mudahan, apa yang kami persembahkan ini dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru dalam memajukan pendidikan pendidikan anak-anak bangsa, khususnya anak didik SDN. Karyamukti 2 UPTD. Pendidikan Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.
                                                                        Garut, 21 Juli 2009
                                                                 Kepala SDN. Karyamukti 2
                                                                 UPTD. Pendidikan Kec. Cibalong




HANIPAH, S.Pd
NIP. 19620911 198305 2 008
Daftar Isi

Kata Pengantar

i
Daftar Isi

ii
I.
PENDAHULUAN

1

A.
Latar Belakang

1

B.
Tujuan Pengembangan Kurikulum

2

C.
Prinsip Pengembangan Kurikulum

5
II.
TUJUAN

12

A.
Tujuan Pendidikan

12

B.
Visi

12

C.
Misi

13

D.
Tujuan Sekolah

13
III.
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

15

A.
Mata Pelajaran

15

B.
Muatan Lokal

21

C.
Pengembangan Diri

22

D.
Pengaturan Beban Belajar

24

E.
Ketuntasan Belajar

24

F.
Kenaikan Kelas dan Kelulusan

25


1.
Kenaikan Kelas

25


2.
Kelulusan

26

G.
Pendidikan Kecakapan Hidup

26

H.
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

27

I.
Program Bimbingan dan Konselong

28
IV.
KALENDER PENDIDIKAN

30

A.
Alokasi Waktu

30

B.
Kalender Umum Tahun Masehi dan Penetapan Kalender Pendidikan
31


1.
Kalender Umum Tahun Masehi

31


2.
Penetapan Kalender pendidikan

32
V.
PENUTUP

37
Daftar Pustaka

38
Daftar Lampiran Dokumen 2

40
Ø   
Model Pengembangan Silabus

40
Ø   
Model Silabus dan Model RPP Tematik Kelas I

41
Ø   
Model Silabus dan Model RPP Tematik Kelas II

171
Ø   
Model Silabus dan Model RPP Tematik Kelas III

203
Ø   
Model Silabus dan Model RPP Kelas IV

252
Ø   
Model Silabus dan Model RPP Kelas V

258
Ø   
Model Silabus dan Model RPP Kelas VI

268
Ø   
Propfil Sekolah

272

A.       Keadaan Sekolah

273

B.       Lingkungan Sekolah

275

C.       Personil Sekolah

277

D.       Peserta Didik

279

E.        Orang Tua Peserta Didik

283

F.        Kerjasama (Instansi Lain yang Terkait

284

G.       Prestasi yang Pernah Diraih

286
Ø   
Lampiran Berita Acara lainnya

….

Keterangan:
Lampiran Dokumen 2 di atas Model Silabus dan Model RPP Kelas IV s.d. VI selengkapnya dicetak terpisah dari buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar